Direktur Doktrin dan Prajurit Nasrani Kodiklatal Rayakan Natal Bersama Dengan Prajurit TNI AL Wilayah Surabaya

Jumat, 18/01/2019 15:32 WIB

Kodiklatal, (18/1).

Direktur Doktrin Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dirdok Kodiklatal) Laksma TNI Budi Purwanto bersama Ratusan Parjurit Kodiklatal yang beragama Nasrani menghadiri Perayaan Natal Bersama Kotama TNI AL Wilayah Surabaya, yang di gelar Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA), Ujung, Surabaya.

Selain Dirdok Kodiklatal hadir dalam perayaan Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) II, Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldhedarma, S E. M.M.M.Sc, serta para pejabat TNI AL Surabaya lainnya. Selain pejabat TNI AL hadir pula Pdt. Dwi Hastuti, RM. Bruno Joko Santoso, PR, Pdt Yance Andrian Politon.

Acara perayaan natal bersama tersebut diawali dengan pujian-pujian dan doa serta penyalaan lilin dirangkai dengan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pdt. Dwi Hastuti, S.Th,  yang mengajak seluruh umat yang hadir untuk takut akan Tuhan,  sebagai pengikut Kristus yang penuh kasih. Pdt. Dwi Hastuti, S.Th,  juga mengajak hadirin  yang hadir untuk menjadi bagian dari  kehidupan bermasyarakat dan bernegara, yang membawa kemuliaan bagi Tuhan.

Sementara itu Pangkoarmada II sebagai pateral dalam sambutan yang di bacakan Kaskoarmada II Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menyampaikan, dengan memahami dan menghayati makna Natal, maka sebagai umat kristiani akan lebih memantapkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta mampu mengimplementasikan setiap ajaran Yesus Kristus secara konsisten di dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut disampaikan melalui perayaan Natal tahun 2018 ini, dapat dijadikan sebagai motivasi untuk meningkatkan ketahanan mental dan pembinaan spiritual sebagai prajurit sapta marga dihadapkan pada tuntutan tugas-tugas yang begitu kompleks dan dinamis, kita di tuntut untuk senantiasa menjaga dan memelihara keharmonisan hubungan antara TNI dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan Negara Indonesia yang kuat bersatu dan berdaulat.

Dalam perayaan Natal tahun ini, TNI AL  mengusung tema ” Jadikanlah Hikmat Natal Tahun 2018 Sebagai Perwujudan Profesionalitas Prajurit dan PNS TNI AL Untuk Rakyat”. Tema ini diharapkan mampu merefleksikan nilai-nilai dan hikmah Natal dalam kedinasan sebagai prajurit matra laut yang profesional, solid, militan, berwawasan kebangsaan serta mencintai dan di cintai Rakyat.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut hari besar Natal tahun ini, antara lain  Donor darah, kunjungan ke Masyarakat Militer ( Masmil) Sidoarjo, kunjungan ke panti asuhan Kamang Immanuel Kenjeran, Panti asuhan Immanuel Jalan gatotan Surabaya, kerja bakti dan pemberian tali asih di gereja Maria Ratu Damai, gereja GPIB Galilea,  gereja GPdI dan gereja HKBP yang semuannya ada dalam basis Koarmada II serta beberapa gereja di luar basis yakni gereja Oekumine Juanda, gereja GKJW Karang Pilang dan gereja Katolik di Jalan Gadung Surabaya.

Puncak kegiatan Natal tersebut juga dimeriahkan dengan Vokal Group (VG) Lantamal V, VG Siswa Kodiklatal, VG Marinir wilayah Surabaya, Band dari GPPS, ST Theresia Driyorejo dan dari Gereja GKJW Karang Pilang Surabaya.