Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Di Bidang Pembekalan, Kodiklatal Adakan Latihan RAS Tahun 2022

Selasa, 22/11/2022 06:46 WIB

TNI AL. Kodiklatal. Surabaya, 21 November 2022,---

Untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit Kodiklatal di Bidang Pembekalan khususnya di laut dan guna tercapainya profesionalisme prajurit, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) mengadakan Latihan Pemantapan Pembekalan di Laut atau Replenishment At Sea (RAS) Tahun 2022.

Latihan resmi dibuka oleh Direktur Latihan Kodiklatal Brigjen TNI Marinir Widodo, mewakili Komandan Kodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, di Gedung Sudomo JOPR Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin (21/11). Latihan diikuti personel Perwira, Bintara dan Tamtama dari sejumlah satuan kerja di jajaran Kodiklatal. Tercatat ada 201 peserta yang mengikuti latihan  selama tiga hari kedepan tersebut.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Dirlat, Dankodiklatal menyampaikan jika profesionalisme keterampilan prajurit diperlukan dalam melaksanakan tugas sehari-hari baik di KRI maupun di Pendirat, yang tidak akan pernah tercapai tanpa adanya latihan yang rutin.

Karenanya dalam latihan RAS ini, menurut Dankodiklatal ada beberapa sasaran yang ingin dicapai antara lain para peserta mampu memahami tentang teknik dan prosedur pelaksanaan pembekalan di laut. Kemudian terpeliharanya kemampuan personel Kodiklatal tentang pembekalan di laut sesuai prosedur yang benar. Dan tentunya peserta diharapkan mampu mengaplikasikan keterampilan pembekalan di laut dalam penugasan nantinya.

Di sisi lain pelaksanaan Latihan Pemantapan Pembekalan di Laut ini merupakan upaya mewujudkan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono,yakni tentang upaya membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh