Kaderisasi Jabatan di Kodiklatal, Kolonel Laut (T) Budi Santoso Jadi Danpuspeknubika

Sabtu, 09/12/2023 04:46 WIB

TNI AL.  Kodiklatal.  Surabaya, 8 Desember 2023-----

Sebagai wujud kaderisasi jabatan di lingkungan Kodiklatal, Komandan Kodikdukum (Dankodikdukum) Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Dr. Taufik Arief memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Bio dan Kimia (Puspeknubika) dari Kolonel Laut (T) I Nengah Sukadana kepada Kolonel Laut (T) Budi Santoso, bertempat di Lapangan Mako Kodikdukum Kodiklatal, Bumimoro Surabaya. Jum'at (08/12/2023).

Kolonel Laut (T) I Nengah Sukadana yang merupakan Alumni AAL Angkatan 43 Tahun 1997 selanjutnya akan menempati jabatan sebagai LO Kodam IV Mulawarman Balikpapan. Sedangkan Danpuspeknubika yang baru Kolonel Laut (T) Budi Santoso yang merupakan Alumni AAL Angkatan 40 Tahun 1994 sebelumnya menjabat sebagai Kasubdis Standarisasi Dislaikmatal.

Sertijab yang ditandai dengan penyerahan tongkat komando dan bendera sempana ini, Dankodikdukum menyampaikan bahwa, pada hakikatnya pergantian pejabat merupakan simbol formal dan komitmen jajaran TNI AL untuk merefleksikan semangat pembaharuan dan kaderisasi dalam rangka mewujudkan komando pelaksana di jajaran Kodikdukum yang semakin profesional, dan berkualitas, sehingga mampu menghadapi tantangan tugas masa depan yang semakin kompleks. 

“Serah terima jabatan merupakan dinamika organisasi dalam rangka regenerasi kepemimpinan dan pembinaan personel. Makna utama dari suatu pergantian kepemimpinan di setiap tataran adalah adanya harapan dengan semangat baru, yang disandarkan kepada para pengganti untuk mampu meningkatkan kondisi yang lebih baik secara berkesinambungan, sehingga akan terwujud kemampuan Kodikdukum yang lebih baik”, jelas Komandan Kodikdukum dalam amanatnya.

Disamping itu, jabatan Komandan Puspeknubika adalah jabatan yang penting dan strategis karena bertugas membantu Komandan Kodikdukum dalam mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan setiap pembekalan siswa dibidang penyelamatan kapal dan nubika, serta melaksanakan fungsi pendidikan dan membina kekuatan termasuk sarana dan prasarana pendukung organiknya.

Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut, Komandan Puspeknubika bertanggung jawab merumuskan rencana dan program kegiatan pendidikan termasuk pembinaan kekuataan guna terselenggaranya fungsi-fungsi Kodikdukum dalam rangka tugas penyiapan dan peletakan kemampuan dasar personel TNI AL untuk mengawaki organisasi secara profesional.

Pada kesempatan ini, Komandan Kodikdukum mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas segala usaha dan kerja kerasnya kepada Kolonel Laut (T) I Nengah Sukadana selama menjabat sebagai Komandan Puspeknubika dan Ibu Wita Nengah selama menjabat sebagai Ketua Ranting “A” Kodikdukum  dan sebagai Kasi Ekonomi Jalasenastri Cabang 3 Kodikdukum Kodiklatal.

“Selanjutnya saya ucapkan selamat datang dan selamat atas jabatan barunya kepada Kolonel Laut (T) Budi Santoso sebagai Komandan Puspeknubika.  Saya yakin, dengan bekal pendidikan dan pengalaman penugasan sebelumnya, akan dapat melaksanakan pengembangan dan pembinaan jajaran sehingga tugas dan fungsi organisasi dapat menjadi lebih optimal”, kata Laksma Taufik di akhir amanatnya.