Komandan Kodikopsla Kodiklatal Tutup Dikbrevet Penyelam

Rabu, 13/03/2019 11:27 WIB

Kodiklatal, (13/3).

            Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankdikopsla) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Laksma TNI Maman Firmansyah secara resmi menutup Pendidikan Brevet Penyelam Angkatan ke-49 Tahun 2018 yang dipusatkan di lapangan Apel Kodikopsla kesatrian Ujung SurabayaPenutupan Dikbrevet penyem yang diikuti 22 Prajurit tersebut merupakan puncak dari rangkaian pendidikan yang diselenggarakan di Sekolah Selam (Seselam) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal.

Komandan Kodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Maman Firmansyah dalam sambutanya menyampaikan bahwa pendidikan Brevet penyelam yang telah dilaksanakan selama 6 bulan bertujuan untuk mencetak kader-kader penyelam TNI Angkatan Laut yang memiliki yang memiliki keahlian khusus di bidang operasional penyelamatan bawah air yang mempunyai kemampuan lebih dari personel angkatan laut pada umumnya, di mana para penyelam ini diberikan bekal ilmu kerja penyelaman dan ilmu Search And Rescue.

Adapun semua materi yang di dapatkan merupakan materi dasar untuk dikembangkan di satuan tugas nantinya. Dengan selesainya pendidikan ini Dankodikopsla berharap pada seluruh mantan siswa Pendidikan penyelam agar terus mengasah ilmu yang telah didapatkan guna memaksimalkan kecakapan dan keterampilan agar dapat melaksanakan tugas yang diemban di kesatuan nanti.

Selain itu agar tetap memupuk jiwa korsa dan jati diri sebagai prajurit penyelam TNI Angkatan Laut yang bangga akan tugas-tugas pokoknya. Menurutnya dengan keahlian yang di miliki saat ini diharapkan dapat membantu dalam menunjang kesiapan operasional KRI, serta berkontribusi membantu program pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang maritim.

Sebelum mengakhiri amanat Dankodikopsla Kodiklatal ini menyampaikan beberapa penekanan yang perlu dipahami dan dipedomani bagi para prajurit, antara lain memelihara dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memegang teguh Sapta Marga Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut.

Penekanan lainya adalah meningkatkan profesionalitas melalui pemahaman dan penghayatan terhadap tugas dan fungsi organisasi, menciptakan suasana kerja yang kondusif dengan saling menghormati dan saling menghargai antar sesama di lingkungan penugasan yang nantinya untuk menjaga kebersamaan.